21 Desember 2022

Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka

              Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka


Kunjungan belajar SDN Ngaglik 01 Batu dalam kegiatan PLTMH dan Puspa IPTEK Universitas Muhammadiyah Malang sebagai bentuk pembelajaran berdiferensiasi sebagai implementasi Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran berkelanjutan.

Menurut Tomlinson ( 2000 ) Pembelajaran Terdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap peserta didik.Mengapa harus berdiferensiasi.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berdasarkan keputusan masuk akal yang diambil oleh guru dengan orientasi kepada kebutuhan peserta didik atau murid jadi yang harus digarisbawahi dalam hal ini adalah kebutuhan peserta didik .

Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik maka sebelum proses pembelajaran itu berlangsung guru bisa melakukan pemetaan dengan tiga pendekatan yang pertama pendekatan berdasarkan kan kesiapan belajar untuk melakukan pendekatan berdasarkan kesiapan belajar seorang guru harus bisa seperti equalizer,equalizer disini adalah sebagai ukuran menentukan tingkat kesiapan peserta didik, jadi yang mana peserta didik bisa memahami hal yang mudah, yang mana peserta didik yang bisa memahami hal yang kompleks ,yang mana peserta didik bisa memahami hal yang konkret para peserta didik bisa memahami hal yang abstrak dan seterusnya.

Bagi siswa 

  • Dalam multiple intelegent setiap anak yang terlahir didunia memiliki kecerdasan yang menonjol didalam dirinya,atas dasar itulah pembelajaran diferensiasi harus dilakukan pada abad ini.Hal itu disebabkan proses belajar tidak bisa disamaratakan dalam memperoleh hasilnya.

Bagi guru 

  • Guru akan menjadi fasilitator dan memetakan kemampuan siswa dalam berbagai hal.Kemampuan yang sudah ada akan dikelompokkan dalam kelompok sejenis agar dapat diarahkan  ke minat yang sesuai.

Bagi orangtua 

  • Orangtua akan merasa senang bahwa buah hatinya memiliki minat dalam belajar.Walaupun satu tidak semua mata pelajaran dikuasai,namun paling tidak kemauan belajar dan memiliki potensi untuk meningkatkan kecerdasannya yang lain,karena dalam kecerdasan yang menonjol akan memberi dampak kepada kecerdasan yang tidak dominan.

Lalu Bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini bisa memenuhi kebutuhan murid serta memenuhi hasil belajar anak ,tentunya setelah kita lakukan pemetaan maka seorang guru juga wajib menerapkan strategi yang berbeda ,media yang berbeda contohnya setelah dipetakan siswa yang kinestetik sudah ada siswa yang visual sudah ada siswa yang audio sudah ada maka media yang dipilih oleh guru tentu tidak bisa hanya sekadar bacaan kalau sekadar bacaan guru hanya mampu memenuhi anak yang visual sementara anak yang audio itu tentu saja tidak terpenuhi.

Oleh karena itu media yang dipilih guru untuk memenuhi ketiganya adalah menggunakan video pembelajaran jadi tidak harus beragam media video pembelajaran bisa digunakan oleh guru karena dengan video pembelajaran yang ada suaranya yang menarik itu bisa digunakan oleh anak visual ,anak visual yang senang dengan gambar-gambar menarik dia akan sangat tertarik melihat video kemudian anak yang audio dengan ada suara ada pemusik musik maka dia akan tertarik untuk membaca atau menyimak materi anak yang kinestetik pun yang dia butuh bergerak videonya kita putar dia tetap bisa menggerakkan tubuhnya 

Inti dari konsep pembelajaran berdiferensiasi :

  • Pembelajaran yang memandang bahwa siswa itu berbeda dan dinamis.Penyesuaian terhadap minat,preferensi belajar,kesiapan siswa agar tercapai peningkatan hasil belajar.
  • Pembelajaran berdiferensiasi bukanlah pembelajaran yang diindividualkan.
  • Pembelajaran mengharuskan pendidik mencurahkan perhatian dan memberikan tindakan untuk memenuhi kebutuhan khusus siswa.
  • Pembelajaran yang memungkinkan guru melihat pembelajaran dari berbagai perspektif.
Tujuan konsep pembelajaran berdiferensiasi :
  • Untuk membantu semua siswa dalam belajar.
  • Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
  • Untuk menjalin hubungan yang harmonis guru dan siswa.
  • Untuk membantu siswa menjadi pelajar yang mandiri.
Dalam identifikasi kebutuhan siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi yang pertama meliputi kesiapan siswa dalam tes awal,yang kedua minat kusioner dan survei kusioner dalam minat belajar dan survei bakat dan minat dan yang ketiga pilihan belajar meliputi preferensi gaya belajar,preferensi kecerdasan ,preferensi lingkungan belajar ,budaya dan jenis kelamin.

Mengelola perbedaan konsep pembelajaran berdiferensiasi :
  • Gaya belajar : Merupakan gaya siswa untuk memilih ,memperoleh ,memproses dan mengingat informasi baru.Preferensi gaya belajar terdiri dari pembelajaran visual,auditori atau kinentetik.
  • Kecerdasan : Merujuk pada teori kecerdasan majemuk ( multiple intelligence ) menurut Howard Gardner ,ada delapan jenis kecerdasan ,dimana setiap orang memiliki satu bahkan lebih jenis kecerdasan 
  • Preferensi lingkungan : Merupakan pilihan gaya belajar yang ditentukan oleh lingkungan siswa itu sendiri.Misalnya,ada siswa yang suka belajar di ruangan kelas,ada yang suka belajar diluar kelas.Ada yang suka belajar di tempat yang sepi ,ada juga yang suka belajar di keramaian.
Dalam pemetaan kebutuhan peserta didik dalam berdiferensiasi meliputi kesiapan belajar ,minat peserta didik dan profil belajar peserta didik.
diperlukan assesment yang mendalam yang melibatkan pihak yang berwenang yakni psikolog atau lembaga asesment.

Lembaga yang kita ajak kerjasama atau ( MOU ) untuk pembelajaran berdiferensiasi peserta didik demi menunjang proses bembelajaran berkelanjutan salah satunya adalah pusat layanan psikologi ,fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Malang,dan kegiatan meliputi Tes IQ dan assesment minat bakat ,sosial emosional, dan profil gaya belajar.






Jadi pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan belajar anak demikian juga berdasarkan minat anak yang olahraga kita berikan umpamanya dalam bak pelajaran bahasa Indonesia maka berikanlah tag-tag yang kaitannya dengan olahraga sehingga dia bisa menghubungkan dengan skema yang ada dalam pemikirannya demikian juga dengan anak yang suka dengan seni maka berikanlah teks-teks yang sesuai seperti yang terjadi dalam numerasi literasi membaca teks yang kaitannya dengan seni sehingga dia bisa hubungkan dengan skema sehingga ketika dia menjawab soal-soal itu dia akan jauh lebih maksimal 

Dengan dipenuhinya kebutuhan murid dan peserta didik tadi diharapkan memang tentunya hasil belajar akan jauh lebih maksimal apalagi ketika kita meletakkan anak itu berdasarkan kesiapan belajar kita tahu bagaimana anak dengan kemampuan yang rendah sedang dan tinggi Maka berikanlah soal yang beragam jangan disamakan disamaratakan soal untuk anak dengan kemampuan tinggi dan kemampuan rendah otomatis hasilnya tidak akan pernah sama .

Inilah keuntungan kita menggunakan atau menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran di kelas,selanjutnya bagaimana hubungan pembelajaran berdeferensiasi dengan materi-materi pada modul-modul sebelumnya menurut saya kaitannya sangat erat terutama kita kaitkan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara dan menurut beliau proses pembelajaran itu harus memperhatikan kodrat alam kodratnya anak-anak itu adalah bermain yang menyenangkan dan dia sudah membawa bekal kearah kesiapannya.







12 Desember 2022

Profil Penguatan Pelajar Pancasila SDN Ngaglik 01 Batu

                                        Profil Penguatan Pelajar Pancasila SDN Ngaglik 01 Batu

Profil Penguatan Pelajar Pancasila SDN Ngaglik 01 Batu adalah upaya dari kementerian pendidikan untuk membentuk manusia Indonesia yang unggul, apa artinya unggul ,unggul di sini artinya dari segi kompetensi nggak kalah saing dengan orang-orang luar. Selain itu, juga memiliki kepribadian Pancasila yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Lalu gimana caranya bisa membentuk manusia yang unggul? Ternyata, nggak cuma lewat teori seperti pelajaran agama atau PKN di kelas. Tapi Pelajar Pancasila dilaksanakan lewat berbagai aktivitas positif di sekolah, rumah, dan masyarakat.

SDN Ngaglik 01 Batu dalam menerapkan Penguatan Pelajar Pancasila sangat mengedepankan nilai visi dan misi sekolah demi membangun anak anak didik yang berkarakter Pancasila.


Jadi yang ditekankan adalah berlatih menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, hingga menjadi bagian dari sikap hidup kita. Berikut 6 ciri atau sikap yang ingin dikembangkan dalam Pelajar Pancasila: 

Beriman dan bertakwa artinya kita memahami dan menerapkan ajaran agama masing-masing dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan akhlak yang dimaksud ada 5, yaitu akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara. Memang itu penting untuk punya ciri khas budaya sendiri. Tapi ada untungnya juga kalau kita berpikiran terbuka dengan adat dan cara berpikir orang-orang di luar negeri. Dengan begitu, kita bisa mengambil sikap-sikap dari luar yang positif, tapi jati diri kita sebagai bangsa yang ber Pancasila tetap dipertahankan.

Kita hidup dalam masyarakat, jadi sudah sepantasnya kalau kita saling membantu terutama yang menyangkut kepentingan bersama. Misalnya, kebersihan sekolah atau acara perayaan di Masyarakat. Dengan membagi tugas, pekerjaan jadi terasa lebih ringan dan cepat selesai. Ini artinya kita nggak perlu dipaksa untuk belajar dan meningkatkan kemampuan kita. Dari dalam diri kita sendiri, sudah ada keinginan dan motivasi untuk maju.

Kita tahu apa yang mau kita capai di masa depan, jadi kita akan disiplin diri untuk terus belajar dan berusaha untuk mencapainya. Untuk bisa bersaing di dunia nyata, kita perlu mengasah kemampuan untuk memecahkan masalah. Misalnya, kita tahu informasi apa yang harus dicari dan di mana mencarinya. Dan setelah informasi berhasil didapatkan, apakah sudah sesuai kebutuhan dan bisa dipercaya? Dengan begitu, kita bisa mengambil keputusan yang paling tepat berdasarkan informasi yang kita punyai.

Seseorang dikatakan kreatif kalau mampu menciptakan gagasan, karya, atau tindakan yang orisinal. Artinya, murni dari diri sendiri, atau dari yang sudah ada tapi diubah sehingga sesuai kebutuhan saat ini. Kreasi ini bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat sekitar kita. Nah, itu dia 6 ciri Pelajar Pancasila. Kalau begitu, apa ya contoh nyata dari pelaksanaan Pelajar Pancasila? Pertama, kamu perlu tahu kalau membantu kamu mengembangkan keenam sikap tadi adalah tanggung jawab bersama.


Memang dengan Pelajar Pancasila, yang akan membuat rencana kegiatan kebanyakan adalah pihak sekolah, seperti kepala sekolah, guru, dan staf lainnya. Tapi nantinya ketika melaksanakan, banyak pihak lain yang akan terlibat juga, seperti orang tuamu /wali murid dan masyarakat lewat Komite Sekolah, misalnya. Nah, kamu sendiri punya peran penting nih. Apa ya peranmu di sini? Tentunya partisipasi acaranya dengan aktif.

Contoh kegiatan yang mungkin dilaksanakan sekolahmu misalnya: Kegiatan literasi sekolah, misalnya pojok baca Ekskul/ruang GIBAKUTA ( Pagi Membaca Buku Cerita ) misalnya Pramuka, sepak bola, tata boga ,lomba, misalnya tari daerah, buat komik atau poster Pagelaran, misalnya acara Karawitan Gotong royong, misalnya patroli keamanan sekolah atau team tiwisada.

Jadi kalau sekolahmu mengadakan acara-acara seperti ini, yuk ikutan ngeramein, Semoga dengan rajin berpartisipasi seperti ini, kamu bisa jadi insan Pelajar Pancasila yang unggul di masa depan.

05 Desember 2022

Visi dan Prakarsa Perubahan Sekolah

                                                Visi dan Prakarsa Perubahan Sekolah


            

SDN Ngaglik 01 Batu dalam visi dan prakarsa perubahan sekolah mengarah pada penerapan dan pembahasan visi ,misi dan tujuan sekolah sebagai bahan evaluasi penerapannya apakah sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk itu didalam pembahasan kali ini Bapak.Irfan Arief.S.Pd sebagai calon guru penggerak dan didampingi oleh Ibu.Tutik Yuliana.M.Pd pengajar praktek dan Ibu.Dra.Ninit Catur Meindyawati selaku Ibu.Kepala sekolah ,mengajak ke beberapa perwakilan dari dewan guru pengajar dan perwakilan dari murid itu sendiri ,berdiskusi membahas dan mengevaluasi tentang visi dan prakarsa perubahan sekolah dalam demonstrasi konstekstual

Visi dan prakarsa perubahan ,kita sebagai seorang guru harus memiliki mimpi besar untuk menjadikan peserta didik tidak hanya sekedar untuk satu ,dua atau tiga tahun ke depan tetapi masa depan peserta didik ,mimpi besar itu bisa kita wujudkan dalam sebuah misi seorang guru untuk peserta didiknya di masa depannya,di dalam menentukan sebuah visi sekolahan dan alangkah baiknya kita mengenali dulu apa itu visi.

Visi adalah pandangan atau wawasan ke depan yang dijadikan cita-cita inspirasi motivasi dan kekuatan bersama warga sekolah mengenai wujud sekolah pada masa yang akan datang .Dan setiap anak itu memiliki kodrat alam dan kodrat zaman yang dimilikinya sejak lahir pendidikan hanya mengandungnya agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya

Peran pendidik di sini di ibaratkan sebagai seorang petani dimana seorang petani di dalam menjalankan tugasnya sebagai perawat dan merawat tanamannya ,bagaimana seorang petani itu menumbuhkan tanamannya sehingga menjadi tanaman yang berkualitas yang unggul begitu pula dengan kita sebagai seorang pendidik bahwa kita sebagai seorang pendidik harus memberikan pembelajaran yang berpihak kepada murid.

Kita memberikan kebebasan kepada murid tetapi kebebasan di sini bukan kebebasan yang sekedarnya tetapi harus tetap dituntut oleh kita supaya tidak terarah ke mana saja sehingga menyebabkan berbahaya untuk dirinya ,dan tetap harus dikontrol oleh kita,kita sebagai guru harus memiliki mimpi besar untuk penerapan visi sekolah yang mengarah kepada perubahan baik perubahan di kelas atau perubahan di sekolah untuk mencapai prioritas tersebut guru perlu mengenalkan ketetapan manajemen perubahan manajemen perubahan itu sendiri sering disebut sebagai inquiri apresiatif atau kita kenal dengan paradigma inquiry adresiatif atau inkuiri apresiatif .

Bagaimana mencapai visi strategi inkuiri apresiatif "suatu filosofi,suatu landasan berfikir yang berfokus pada upaya kolaboratif untuk menemukan hal positif dalam diri seseorang,dalam suatu organisasi dan dunia disekitarnya baik di masa lalu masa kini maupun masa depan".

Apa itu inquiri apresiatif adalah pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis perubahan sebagai salah satu model manajemen perubahan dan penerapannya melalui tahapan yang dikenal dengan tahapan BAGJA.BAGJA itu sendiri merupakan arti dari B itu untuk buat pertanyaan ,A untuk ambil pelajaran ,G untuk gali mimpi ,J jabarkan rencana dan A adalah atur eksekusi.

Tentang paradigma inquiry apresiatif berikutnya di sini Saya selaku pendidik memiliki mimpi mimpi untuk murid-murid saya di masa depan ,seperti apa murid impian saya di masa depan di sini ada pertanyaan kalimat rumpang "Cita cita untuk murid".
  • Kita memimpikan murid murid yang....
  • Kita percaya bahwa murid adalah....
  • Di sekolah,kita mengutamakan....
  • Murid disekolah kita sadar betul bahwa....
  • Kita,warga disekolah ini yakin untuk....
  • Kita dan warga di sekolah ini paham bahwa...             
Dari pertanyaan ini saya mencoba menuangkan impian saya untuk murid-murid dalam sebuah pertanyaan ,pertama saya memimpikan murid-murid yang memiliki jiwa profil pelajar Pancasila yang pertama yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia kemudian berkebhinekaan global bergotong-royong, kreatif bernalar kritis dan mandiri ,ini visi saya sebagai guru dalam mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia menuju ke visi SDN Ngaglik 1 Batu.

Visi dari SDN Ngaglik 01 Batu adalah dengan "terwujudnya insan yang merdeka berkarakter pancasila unggul dalam prestasi dan peduli lingkungan".
Misi sekolah "Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah SDN Ngaglik 01 Batu menjabarkan misi sekolah sebagai berikut :
  • Menyelenggarakan pendidikan yang memerdekakan peserta didik
  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkarakter sesuai "Profil pelajar Pancasila "
  • Menyelenggarakan pembelajaran berbasis abad 21 yang mengarah ke 4c
  • Menyelenggarakan pendidikan yang melatih dan mengembangkan kepedulian terhadap lingkungan
Sedangkan tujuan sekolah SDN Ngaglik 01 Batu adalah sebagai berikut :
  • Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar
  • Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi
  • Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah
  • Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial
  • Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat
  • Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah
  • Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah
  • Melaksanakan program dan pembelajaran HOTS untuk memperkuat bernalar kritis dan kreatifitas
  • Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi
  • Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya      
Yang kedua adalah kita percaya bahwa murid adalah anak didik yang memiliki kemampuan dan potensi dalam diri untuk digali dan dikembangkan sesuai dengan kurikulum merdeka belajar.
Yang ketiga disekolah kita mengutamakan kedisiplinan,karakter kejujuran dan tanggung jawab
Yang keempat murid disekolah kita sadar betul bahwa meneladani guru kedisiplinan adalah kunci dari sebuah kesuksesan
Yang kelima kita sebagai warga disekolah ini yakin untuk bisa memberikan yang terbaik bagi seluruh peserta didik
Yang keenam kita dan warga disekolah ini paham bahwa sukses adalah tujuan

Dan selanjutnya kita bisa menarik kesimpulan dalam penerapan cita cita untuk murid dimasa yang akan datang sebagai wujud visi guru dalam mensukseskan dengan prestasi yang cemerlang dan berkarakter Pancasila ,peserta didik adalah aset masa depan ,anak yang cerdas hebat berpotensi dan murid dididik dan disiapkan dengan baik
Kedisiplinan ,karakter pelayanan prima dalam mengajar kejujuran dan serta tanggung jawab
meneladani guru ,kedisiplinan adalah hal utama keberhasilan dan kerja keras,menjaga kebersihan lingkungan dan berperilaku sopan kepada guru,serta memberikan yang terbaik /mendisiplinkan dangan ramah menjadikan sekolah unggul dan menjadi pembimbing yang baik dan terakhir adalah sukses adalah tujuan ,kedisplinan dapat membentuk karakter siswa dalam upaya perbaikan dilakukan secara bersama sehingga menjadikan siswa sebagai generasi yang hebat.

                     

                     



26 November 2022

5 Kunci Keamanan Pangan bersama Kader PJAS SDN Ngaglik 01 Batu dan Monev BPOM Nasional

        5 Kunci Keamanan Pangan bersama Kader PJAS SDN Ngaglik 01 Batu dan Monev BPOM Nasional


SDN Ngaglik 01 Batu dalam mensukseskan program 5 kunci keamanan pangan bagi anak anak didik disekolah melalui pemilihan kader PJAS ( Pangan Jajanan Anak Sekolah ) ,program yang telah disusun disekolah yang akan dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian untuk anak anak dalam kesehatan di lingkungan sekolah maupun diluar sekolahan, sementara itu dalam pemilihan kader PJAS sebagai perwakilan sekolah untuk pemilihan kader berdasarkan pengetahuan keberanian dan tanggung jawab yang ditunjuk oleh guru dan teman dikelas sebagai perwakilan.Program ini bertujuan sebagai bentuk pengenalan sekaligus mengedukasi seluruh siswa siswi disekolah dan masyarakat sekitar khususnya pedagang yang berada dilingkungan sekitar sekolahan agar bisa saling memilah dan memilih panganan yang sehat ,hegienis dan tentunya aman bagi semuanya.

5 Kunci keamanan pangan itu sediri terdiri dari :

  • Menjaga Kebersihan
  • Pisahkan pangan matang dari pangan mentah
  • Masaklah dengan benar
  • Jagalah pangan pada suhu aman
  • Gunakan air dan bahan baku yang aman
Dalam penjabaran dari 5 kunci keamanan pangan adalah Pertama menjaga kebersihan dalam penyajian makanan baik itu makanan dalam kemasan atau makanan yang siap saji contohnya adalah makanan yang dibeli diluar rumah yang bisa kita lihat apakah layak untuk dimakan, bisa dilihat dari kemasan produk yang telah diuji tentang kelayakan yang diedarkan dimasyarakat luas ,tentang kadaluwarsa produk atau sejenisnya.Untuk makanan siap saji tentunya dilihat dari tempat atau penjual yang sudah memiliki ijin untuk menjual beraneka makanan yang sehat.



Yang kedua adalah pisahkan pangan matang dari pangan mentah artinya jika makanan tersebut tercampur mungkin makanan yang matang terkandung minyak atau sejenisnya dengan makanan mentah bisa mengakibatkan makanan tersebut akan menimbulkan jamur dan bau yang tidak sedap untuk jenis masakan.Untuk makanan mentah bisa sayur atau buah buahan,bisa dilihat untuk jenis pengolahannya dan dilakukan pemilihan ,untuk sayuran sebaiknya tetep dilakukan pencucian terlebih dahulu disemua pengolahan makanan ,baik untuk sayur mayur atau jenis lalapan, untuk buah bisa dilakukan pengolahannya begitu sebaliknya dengan semua jenis sayuran

Yang ketiga adalah masaklah dengan benar dalam suhu masak yang pas tidak gosong untuk makanan seperti gorengan dan untuk sayuran atau yang lainnya bisa menyesuaikan agar dalam memasak dalam keadaan tetap segar dan layak konsumsi.

Yang keempat adalah jagalah pangan pada suhu aman artinya jika memasak tetap pada suhu aman makanan akan tetap terjaga kesegarannya dan layak konsumsi dan sekaligus menetralisir terkandungnya zat zat yang berbahaya jika pada makanan yang terindikasi terkandung zat tersebut seperti contoh pada sayur kangkung dan bayam jika hari ini sudah dimasak dalam kondisi baik itu tidak boleh dimasak kembali pada hari berikutnya.Untuk jenis makanan tertentu bisa dimasukkan kedalam kulkas

Yang kelima gunakan air dan bahan baku yang aman adalah seperti pada buah buahan sebaiknya sesudah membeli di haruskan dicuci kembali di rumah dan untuk bahan baku yang aman adalah bisa dibeli di supermarket , dipetani langsung atau pedagang lainnya untuk jenis makanan dan bahan baku tertentu.Mengenai bahan baku yang aman terdapat pada makanan tradisional atau yang lain sejenisnya yang saat ini masih populer dimasyarakat luas untuk jenis makanannya bisa gethuk ,cenil ,madumongso atau sejenisnya apabila dalam pengolahannya tidak memperhatikan bahan baku yang aman otomatis makanan tersebut bisa dipastikan tidak layak konsumsi.



Setelah mendapatkan pelajaran edukasi dari guru pembimbing anak anak SDN Ngaglik 01 Batu kemudian melakukan observasi dan edukasi kepedagang yang berada dilingkungan sekitar sekolah,untuk mengenalkan tentang 5 kunci keamanan pangan sebagai bahan pengenalan tentang makanan sehat.

Dengan terjalinnya komunikasi yang baik yang dilakukan para siswa dan siswi ini bisa memberikan dampak positif kepada kedua belah pihak antara pedagang dan para peserta didik,dan bisa saling menjaga tentang keamanan dan kemaslakhatan bersama,inilah bagian dari tujuan terselenggaranya program edukasi yang diberikan kepada anak anak didik sebagai bekal untuk menghindari dan memproteksi tentang keamanan pangan.


Untuk perwakilan dari badan BPOM jawa timur di SDN Ngaglik 01 Batu juga melakukan penelitian dan monev sebagai sarana edukasi kepada anak anak peserta didik ,juga sekaligus mengenalkan dan memilih jajanan yang sehat itu seperti apa sebelum mengkonsumsinya,karena sebagai sekolah yang ramah anak dan menjaga kesehatan dan uji kelayakan pangan itu sendiri .Untuk sample makanan diambil dari sejumlah pedagang dilingkungan sekolah.

Setelah semua kegiatan yang telah tersusun semuanya tibalah saatnya melakukan pengujian dan penelitian tentang semua jenis makanan yang kemudian dijadikan sample penelitian,dan anak anak diberikan edukasi tentang kandungan atau zat yang terkandung didalam makanan untuk dilakukan pengujian kelayakan untuk dikonsumsi.

Inilah keseluruhan program sekolah yang mana pada intinya anak anak semakin tau dan mendapatkan ilmu tentang kesehatan pangan dan cara pengelolahannya ,apakah layak untuk dikonsumsi atau tidak sebagai ukuran bahwa menjaga lebih baik dari pada tidak sama sekali.



21 November 2022

Kegiatan Sosialisasi LLAJ dari Kapolresta Kota Batu dan Dinas Perhubungan Kota Batu

    Kegiatan Sosialisasi LLAJ dari Kapolresta Kota Batu dan Dinas Perhubungan Kota Batu


Assalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh salam sejahtera bagi kita semua Alhamdulillah pada kesempatan hari ini SDN Ngaglik 01 Batu kedatangan tamu dari Bapak dan Ibu Kapolres ,Satlantas, dan Dinas Perhubungan kota Batu untuk memberikan sosialisasi kepada anak anak tentang bagaimana berkendara yang baik dan aman ketika berada di jalan dan pengenalan fungsi dari rambu rambu lalu lintas dan keselamatan berkendara baik sebagai pengendara dan keselamatan bagi pengguna jalan yang lain.



Kegiatan hari ini diawali dengan tips dan bagaimana mempersiapkan segala keperluan sebelum berkendara baik dari segi kesehatan dan kebugaran tubuh ,untuk pencegahan tidak meminum obat-obatan yang bisa menyebabkan rasa kantuk dan dilarang untuk meminum minuman keras sebelum berkendara ,pastikan juga anak anak, orang tua sebagai pengendara dalam kondisi tidak mengantuk karena akan mengurangi fokus dan kewaspadaan saat berkendara.

Setelah dari persiapan awal kondisi tubuh bugar ,anak anak bisa mempersiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan pertama helm baik saat berkendara menggunakan motor yang sesuai standar SNI dan jangan lupa di klik ,yang kedua menggunakan pakaian atau jaket yang berwarna cerah dan yang ketiga tidak lupa membawa SIM dan STNK kendaraan yang masih berlaku,tak lupa periksalah bagian-bagian penting pada sepeda motor seperti spion ,ban , lampu lampu ,rem dan senantiasa berdoa kepada Tuhan agar semuanya selalu diberikan keamanan dan keselamatan.Untuk penggunakan jenis kendaraan roda 4 dipastikan memakai sabuk pengaman,


Kegiatan seperti ini sekaligus memberikan warna tersendiri bagi anak anak diluar dari pembelajaran formal dikelas dan melihat semangat dan antusias dari mereka ,pun juga pihak satlantas kota batu dan dinas perhubungan terlihat semakin bersemangat mengedukasi anak anak baik edukasi sebagai pengendara ,waktu penyeberangan jalan ,mengenali rambu rambu lali lintas serta berbagai pengenalan dalam lingkup keselamatan di jalan.

Melihat semangat dan antusias dari anak anak ada juga kuis untuk mengasah seberapa jauh pengetahuan yang diiketahui anak anak untuk memberikan jawaban juga sangat luar biasa bukan karena hadiah yang menarik karena ternyata anak anak sudah lebih juga tau banyak hal tentang rambu rambu lalu lintas dijalan menjadikannya sangat menarik dan memberikan feedback positif bagi anak anak.
Satlantas dan dinas perhubungan pun terkagum kagum melihat semangat ,antusias dan pengetahuan dari anak anak ,



Pentingnya edukasi di usia dini adalah sebagai bekal dan pembelajaran agar senantiasa tertanam dalam diri anak anak tentang kedisiplinan,taat dan bertanggung jawab dalam segala hal,sebagai wujud nyata dalam penerapannya dikehidupan kesehariannya.






Pesan dari Kapolres ,Satlantas dan Dinas Perhubungan kota Batu adalah Jadilah pengendara yang bijak dan taat dengan peraturan bukan apa dan siapa tapi demi menjaga keselamatan diri dan pengguna jalan yang lain untuk keselamatan bersama.




14 November 2022

SDN Ngaglik 01 Batu menggerakkan program Budaya Anti Korupsi

                       SDN Ngaglik 01 Batu menggerakkan program Budaya Anti Korupsi


Senin tanggal 14 November 2022 Bapak.Siswo Dwi Endra Samekta S.Pd.SD sebagai pembina utama dalam Kegiatan Upacara bendera SDN Ngaglik 01 Batu pada hari ini menyampaikan tentang kegiatan  pentingnya budaya anti korupsi baik di dalam lingkungan sekolah maupun diluar sekolah sebagai  bentuk atau contoh teladan /perilaku yang baik dalam kehidupan.

Sebagai contoh korupsi terjadi dalam banyak hal contoh kecilnya adalah bisa korupsi uang dan korupsi waktu atau contoh kecilnya menyontek pekerjaan teman diwaktu ujian sekolah menurut kalian apakah itu termasuk perilaku korupsi.

Apa sih pengertian korupsi itu ,kita sudah sering sekali mendengar kata korupsi ,kolusi dan nepotisme tapi ,sudahkah kita tahu apa itu artinya lalu apa itu pendidikan anti korupsi di lingkungan sekolah seberapa pentingnya sih untuk bangsa Indonesia ini .

Korupsi bisa diartikan sebagai tindak penyelewengan atau penyalahgunaan barang atau milik orang lain untuk keuntungan pribadi atau orang lain sementara menurut undang-undang, korupsi adalah perbuatan secara melawan hukum dengan maksud memperkaya diri sendiri atau orang lain perseorangan atau korporasi yang dapat merugikan keuangan atau perekonomian negara

Kolusi merupakan sikap dan perbuatan tidak jujur dengan pemufakatan secara bersama untuk melawan hukum antara penyelenggara dengan pihak lain yang merugikan orang lain masyarakat dan negara sementara nepotisme berarti lebih memilih saudara atau teman akrab berdasarkan hubungannya bukan berdasarkan atas kemampuannya.

Praktek-praktek korupsi kolusi dan nepotisme bisa saja terjadi di lingkungan sekolah dan hampir di semua lapisan masyarakat dan daerah di tanah air di semua level dan di semua kehidupan dengan beragam jenis modus dan kompleksitas artinya sifat atau perilaku koruptif ini telah merasuki semua elemen bangsa tanpa mengenal usia latar belakang jenis kelamin ras dan lain sebagainya , Bapak.Siswo Dwi Endra Samekta S.Pd.SD tuturnya

Padahal kita semua tahu bahwa korupsi adalah perilaku yang tidak bermoral sebuah ironi bukan bermuara dari persoalan ,korupsi adalah hilangnya nilai-nilai antikorupsi itu sendiri yakni jujur peduli mandiri disiplin tanggung jawab kerja keras sederhana berani adil dari dalam diri individu masing masing.

Apa sih pendidikan antikorupsi itu pendidikan antikorupsi secara umum diartikan sebagai pendidikan koreksi budaya yang bertujuan untuk mengenalkan cara berpikir dan nilai-nilai baru kepada peserta didik pendidikan antikorupsi di dapat dipahami juga sebagai usaha sadar dan sistematis yang diberikan kepada peserta didik berupa pengetahuan nilai-nilai sikap dan keterampilan yang dibutuhkan agar mereka mau dan mampu mencegah dan menghilangkan peluang berkembangnya korupsi setiap manusia terlahir dibekali potensi dan sikap positif agar kehadirannya mampu menyelamatkan diri pribadi keluarga lingkungan masyarakat bangsa dan negaranya.


Kegiatan sekolah seperti ini adalah sebagai bentuk wujud bahwa budaya korupsi perlu ditanamkan sejak dini baik dilingkungan sekolah itu sendiri maupun kehidupan dilingkungan masyarakat,penanaman dan pemahaman tentang korupsi kolusi dan nepotisme dilingkungan sekolah bisa menjadi bekal di keseharian bagi kehidupan anak didik.Itulah fitrah dari diri manusia yang diutus Tuhan sebagai Rahmat bagi seluruh alam fitrah inilah yang membedakan manusia dengan makhluk tuhan lainnya. 

Penerapan nilai tanggung jawab antara lain dapat diwujudkan dalam bentuk belajar dengan sungguh sungguh datang kesekolah tepat waktu ,mengerjakan tugas dengan baik menjaga amanah dan kepercayaan yang diberikan guru dan lain sebagainya .


Kerja keras berarti melakukan sesuatu dengan seluruhnya dengan sungguh sungguh, kerja keras didasari dengan adanya kemauan di dalam kemauan terkandung ke tekatan ketekunan daya tahan dan daya kerja ,pendirian, keberanian ,ketabahan ,keteguhan dan pantang mundur,keberanian yakni tindakan untuk memperjuangkan sesuatu yang diyakini kebenarannya keberanian dapat diwujudkan dalam bentuk berani mengatakan dan membela kebenaran.

Berani mengakui kesalahan berani bertanggungjawab dan lain sebagainya keberanian sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan dan keberanian akan semakin matang jika diiringi dengan keyakinan serta keyakinan akan semakin kuat jika ketahuannya juga kuat 

Keadilan yakni memperlakukan seseorang sesuai dengan kebutuhan dan haknya dengan proporsional dan tidak melanggar hukum ,keterbukaan, keterbukaan berasal dari kata terbuka artinya tidak tertutup dan tidak dirahasiakan , kedisiplinan, kedisiplinan berasal dari kata disiplin artinya tata tertib ketaatan kepada peraturan di sekolah maupun dilingkungan masyarakat kedisplinan dapat diwujudkan antara lain dalam bentuk kemampuan mengatur waktu dengan baik kepatuhan kepada seluruh peraturan dan ketentuan yang berlaku.Itulah pemahaman dilingkungan sekolah sebagai bekal anak anak didik dilingkungan sekolah dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.


Lalu bagaimana sih langkah teknis penguatan nilai-nilai antikorupsi di sekolah yang pertama mulailah menjadi pribadi anti korupsi mulai dari yang paling mudah misalnya amalkan kejujuran dalam diri kita niatkan semua itu sebagai perilaku baik yang wajib kita jalani sebagai manusia beragama 



Jangan pernah berperilaku yang tidak jujur pada siapapun kedua pasanglah simbol/poster tentang kejujuran di ruang kelas walaupun sederhananya hanya poster jujur itu hebat atau kami seorang pelajar menolak perbuatan anti korupsi, Selain itu berulang kali menyampaikan slogan secara lisan,maupun poster dilingkungan sekitar sekolah yang ketiga Buatlah kegiatan pembelajaran atau event yang membiasakan berperilaku jujur misalnya pengadaan kantin kejujuran dan lain sebagainya.


Tunjukkanlah perilaku jujur secara konsisten dalam setiap aktivitas di sekolah maupun di luar sekolah yang kelima berikan pujian penghargaan perhatian pada pribadi /teman sebaya yang jujur dan tidak pernah mencontek walaupun nilainya kecil sebagai seorang pelajar budayakan lah kejujuran dalam mengerjakan ujian dengan cara tidak mencontek dan tidak mencontohkan kepada teman kesimpulan yang bisa kita ambil diartikel ini adalah bahwa dengan pendidikan antikorupsi maka generasi penerus bangsa akan lebih awal memahami masalah korupsi dan menanamkan nilai-nilai antikorupsi dalam kehidupannya sehari-hari .



 

























10 November 2022

Kegiatan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

                                   Kegiatan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW



Dzikro Maulidur Rosul SAW Tahun 1444 H dan Hari Pahlawan Tahun 2022 bersama Kak Bimo Pendongeng Nasional dari Yogyakarta SDN Ngaglik 01 Batu dengan mengusung tema ,Meneladani Rosululloh SAW dan semangat kepahlawanan ,kita wujudkan peserta didik yang Beriman,Bertaqwa,Berakhlak Mulia,Jujur dan Cinta Tanah Air.

Sebagai wujud rasa syukur atas Rahmat dan Kasih sayang yang Alloh berikan kepada kami seluruh elemen guru dan staf serta anak anak didik dimana pada kegiatan ini mari kita senantiasa tanamkan kepada anak didik untuk meneladani sifat Rosululloh SAW dan memberikan doa kepada Pahlawan yang telah gugur di medan perang mempertahankan kemerdekaan di tanah air.

Kegiatan ini sekaligus sebagai munajat bagi siswa siswi yang telah melakukan pendidikan di taraf sekolah dasar agar senantiasa belajar dengan penuh dengan semangat untuk bisa meraih cita cita dan prestasi.Dan juga sekolah telah menghadirkan tamu undangan untuk memberikan nasehat dan cerita islami ,bersama Kak Bimo Pendongeng Nasional dari Yogyakarta.


Pada kesempatan kali ini kak bimo bercerita tentang sejarah islam mengenai sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan gaya pembawaan cerita dongengnya ,memberikan nuansa humoris yang mampu membawa peserta didik larut dengan cerita lucu dan keseruan lainnya.Anak anak jadi lebih fress kembali segenap melupakan pelajaran yang telah dilakukan di kesehariannya.

Tak lupa sholawat dan salam kepada junjungan kita Nabi agung Muhammad SAW, berkumandang dan bersenandung lantunan ayat ayat Al-Quran ,kegiatan ini semerta merta dilakukan untuk memberikan edukasi kepada peserta didik dan semakin menguatkan nilai nilai islami dan semakin mendidik kembali anak anak untuk berakhlak mulia .


Lantunan ayat ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh murid murid SDN Ngaglik 01 Batu 





Semoga dengan kegiatan di sekolah seperti ini kedepannya bisa terselenggara lagi dengan baik ,baik dukungan langsung dari wali murid maupun guru-guru pembimbing serta seluruh lapisan masyarakat.

Belajar membuat dan bagaimana manfaat dari Eco Enzim

                                   Belajar membuat dan bagaimana manfaat dari Eco Enzim SDN Ngaglik 01 Batu pada kesempatan kali ini akan be...