Visi dan Prakarsa Perubahan Sekolah
SDN Ngaglik 01 Batu dalam visi dan prakarsa perubahan sekolah mengarah pada penerapan dan pembahasan visi ,misi dan tujuan sekolah sebagai bahan evaluasi penerapannya apakah sudah berjalan sebagaimana mestinya.
Untuk itu didalam pembahasan kali ini Bapak.Irfan Arief.S.Pd sebagai calon guru penggerak dan didampingi oleh Ibu.Tutik Yuliana.M.Pd pengajar praktek dan Ibu.Dra.Ninit Catur Meindyawati selaku Ibu.Kepala sekolah ,mengajak ke beberapa perwakilan dari dewan guru pengajar dan perwakilan dari murid itu sendiri ,berdiskusi membahas dan mengevaluasi tentang visi dan prakarsa perubahan sekolah dalam demonstrasi konstekstual Visi dan prakarsa perubahan ,kita sebagai seorang guru harus memiliki mimpi besar untuk menjadikan peserta didik tidak hanya sekedar untuk satu ,dua atau tiga tahun ke depan tetapi masa depan peserta didik ,mimpi besar itu bisa kita wujudkan dalam sebuah misi seorang guru untuk peserta didiknya di masa depannya,di dalam menentukan sebuah visi sekolahan dan alangkah baiknya kita mengenali dulu apa itu visi.
Visi adalah pandangan atau wawasan ke depan yang dijadikan cita-cita inspirasi motivasi dan kekuatan bersama warga sekolah mengenai wujud sekolah pada masa yang akan datang .Dan setiap anak itu memiliki kodrat alam dan kodrat zaman yang dimilikinya sejak lahir pendidikan hanya mengandungnya agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya
Peran pendidik di sini di ibaratkan sebagai seorang petani dimana seorang petani di dalam menjalankan tugasnya sebagai perawat dan merawat tanamannya ,bagaimana seorang petani itu menumbuhkan tanamannya sehingga menjadi tanaman yang berkualitas yang unggul begitu pula dengan kita sebagai seorang pendidik bahwa kita sebagai seorang pendidik harus memberikan pembelajaran yang berpihak kepada murid.
Kita memberikan kebebasan kepada murid tetapi kebebasan di sini bukan kebebasan yang sekedarnya tetapi harus tetap dituntut oleh kita supaya tidak terarah ke mana saja sehingga menyebabkan berbahaya untuk dirinya ,dan tetap harus dikontrol oleh kita,kita sebagai guru harus memiliki mimpi besar untuk penerapan visi sekolah yang mengarah kepada perubahan baik perubahan di kelas atau perubahan di sekolah untuk mencapai prioritas tersebut guru perlu mengenalkan ketetapan manajemen perubahan manajemen perubahan itu sendiri sering disebut sebagai inquiri apresiatif atau kita kenal dengan paradigma inquiry adresiatif atau inkuiri apresiatif .
Bagaimana mencapai visi strategi inkuiri apresiatif "suatu filosofi,suatu landasan berfikir yang berfokus pada upaya kolaboratif untuk menemukan hal positif dalam diri seseorang,dalam suatu organisasi dan dunia disekitarnya baik di masa lalu masa kini maupun masa depan".
Apa itu inquiri apresiatif adalah pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis perubahan sebagai salah satu model manajemen perubahan dan penerapannya melalui tahapan yang dikenal dengan tahapan BAGJA.BAGJA itu sendiri merupakan arti dari B itu untuk buat pertanyaan ,A untuk ambil pelajaran ,G untuk gali mimpi ,J jabarkan rencana dan A adalah atur eksekusi.
Tentang paradigma inquiry apresiatif berikutnya di sini Saya selaku pendidik memiliki mimpi mimpi untuk murid-murid saya di masa depan ,seperti apa murid impian saya di masa depan di sini ada pertanyaan kalimat rumpang "Cita cita untuk murid".
- Kita memimpikan murid murid yang....
- Kita percaya bahwa murid adalah....
- Di sekolah,kita mengutamakan....
- Murid disekolah kita sadar betul bahwa....
- Kita,warga disekolah ini yakin untuk....
- Kita dan warga di sekolah ini paham bahwa...
Visi dari SDN Ngaglik 01 Batu adalah dengan "terwujudnya insan yang merdeka berkarakter pancasila unggul dalam prestasi dan peduli lingkungan".
Misi sekolah "Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah SDN Ngaglik 01 Batu menjabarkan misi sekolah sebagai berikut :
- Menyelenggarakan pendidikan yang memerdekakan peserta didik
- Menyelenggarakan pendidikan yang berkarakter sesuai "Profil pelajar Pancasila "
- Menyelenggarakan pembelajaran berbasis abad 21 yang mengarah ke 4c
- Menyelenggarakan pendidikan yang melatih dan mengembangkan kepedulian terhadap lingkungan
Sedangkan tujuan sekolah SDN Ngaglik 01 Batu adalah sebagai berikut :
- Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar
- Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi
- Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah
- Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial
- Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat
- Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah
- Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah
- Melaksanakan program dan pembelajaran HOTS untuk memperkuat bernalar kritis dan kreatifitas
- Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi
- Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya
Yang kedua adalah kita percaya bahwa murid adalah anak didik yang memiliki kemampuan dan potensi dalam diri untuk digali dan dikembangkan sesuai dengan kurikulum merdeka belajar.
Yang ketiga disekolah kita mengutamakan kedisiplinan,karakter kejujuran dan tanggung jawab
Yang keempat murid disekolah kita sadar betul bahwa meneladani guru kedisiplinan adalah kunci dari sebuah kesuksesan
Yang kelima kita sebagai warga disekolah ini yakin untuk bisa memberikan yang terbaik bagi seluruh peserta didik
Yang keenam kita dan warga disekolah ini paham bahwa sukses adalah tujuan
Dan selanjutnya kita bisa menarik kesimpulan dalam penerapan cita cita untuk murid dimasa yang akan datang sebagai wujud visi guru dalam mensukseskan dengan prestasi yang cemerlang dan berkarakter Pancasila ,peserta didik adalah aset masa depan ,anak yang cerdas hebat berpotensi dan murid dididik dan disiapkan dengan baik
Kedisiplinan ,karakter pelayanan prima dalam mengajar kejujuran dan serta tanggung jawab
meneladani guru ,kedisiplinan adalah hal utama keberhasilan dan kerja keras,menjaga kebersihan lingkungan dan berperilaku sopan kepada guru,serta memberikan yang terbaik /mendisiplinkan dangan ramah menjadikan sekolah unggul dan menjadi pembimbing yang baik dan terakhir adalah sukses adalah tujuan ,kedisplinan dapat membentuk karakter siswa dalam upaya perbaikan dilakukan secara bersama sehingga menjadikan siswa sebagai generasi yang hebat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar