02 November 2022

Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) SDN Ngaglik 01 Batu Tahun 2022

          Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) SDN Ngaglik 01 Batu Tahun 2022


Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) SDN Ngaglik 01 Batu Tahun 2022 alhamdulilah sudah dilaksanakan dengan lancar ,sesuai dengan anjuran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Makarim yang telah mengganti ujian nasional atau UN yang tentunya kita sudah kenal selama 10 tahun belakangan ini menjadi suatu hal yang baru beliau akan mengubah dan mengganti Ujian Nasional menjadi Asesmen nasional ditahun 2021.

Dan seperti apa asesmen nasional ini , menurut Bapak nadiem Makarim beliau tidak lagi ingin pendidikan Indonesia hanya mengevaluasi capaian peserta didik secara individu yang selama ini membuat Ujian Nasional selalu menjadi sesuatu yang mengerikan dan menakutkan bagi para siswa justru saat ini Bapak Nadiem lebih berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran pengajaran juga layanan dalam lingkungan pendidikan maka kebijakan yang diambil adalah mengubah Ujian Nasional menjadi Asesmen nasional

Jadi apa yang dimaksud dengan Asesmen nasional dan bagaimana mekanisme penerapan asesmen nasional dan apa indikatornya ,Asesmen nasional ini tidak lagi mengevaluasi peserta didik secara individu melalui Ujian Nasional tahun sebelumnya yang hanya diperuntukkan bagi siswa kelas 6 9 dan kelas 12 tetapi kali ini Bapak Nadiem Makarim ingin fokus mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan yang mencakup input proses dan juga hasil tentunya melalui peningkatan kualitas pembelajaran pengajaran serta lingkungan pendidikan akan ada tiga aspek yang diujikan dalam tes nasional tahun 2002

Yang pertama Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM dimana melalui esesmen ini akan diukur pencapaian siswa di ranah kognitif seperti literasi dan juga numerasi yang kedua bisa kita sebut juga dengan survei karakter dan yang ketiga survei lingkungan belajar.

Yang pertama kita akan membahas Apa itu literasi dan numerasi pada asesmen kompetensi minimum atau AKM menurut National Institute for literasi yang dimaksud dengan literasi adalah kemampuan seseorang dalam baca menulis bahkan menghitung dan memecahkan masalah.

Menurut UNESCO literasi memang menjadi hak setiap orang dan juga dasar yang harus dimiliki untuk belajar sepanjang hayatnya kemampuan literasi mampu memberdayakan dan meningkatkan kualitas individu ,keluarga dan juga masyarakat jadi dapat kita pahami bahwa literasi yang dimaksud adalah kemampuan yang lebih dari sekedar membaca dan menulis tetapi juga mendorong agar peserta didik mampu menganalisis dengan membaca situasi atau hal-hal di sekitarnya dengan pemecahan masalah berdasarkan dari apa yang dipelajarinya sedangkan numerasi secara umum diartikan sebagai sebuah kecakapan dan pengetahuan seseorang dalam menggunakan berbagai macam angka serta simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar ,pengetahuan itu digunakan untuk memecahkan masalah-masalah praktis yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari selain itu dengan numerasi seseorang juga dapat menganalisis informasi yang ditampilkan dengan berbagai bentuk seperti tabel grafik ,bagan dan banyak lainnya ,setelah mampu menganalisis kemudian akan menggunakan implementasi hasil analisisnya untuk memprediksi dan selanjutnya mengambil keputusan bagian kedua yang diujikan dalam asesmen nasional adalah survei karakter penilaian pada survei karakter dirancang untuk mengukur capaian peserta didik berdasarkan hasil belajar sosial emosional yang berupa pilar karakter untuk mencetak profil pelajar Pancasila.

Adapun enam indikator pencapaian hasil belajar sosial emosional yang pertama bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia yang kedua ber kebhinekaan Global yang ketiga mandiri yang keempat bergotong-royong yang kelima bernalar kritis dan keenam kreatif bagian ketiga dan terakhir yang diujikan dalam asesmen nasional ini adalah survei lingkungan belajar survei ini digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek-aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah jadi tidak hanya pedidik saja yang akan dinilai ,melainkan seluruh aspek yang mendukung pembelajaran.jika Ujian Nasional itu hanya mengevaluasi capaian siswa saja di setiap tingkat akhir pada jenjang sekolah seperi kelas 6 SD ,kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA asesmen nasional ini tidak lagi menitik beratkan pada evaluasi capaian siswa Oleh karena itu asesmen nasional akan diterapkan untuk peserta didik yang berada di kelas 4 SD , kelas dua SMP dan 11 SMA untuk itu penting bagi peserta didik SDN Ngaglik 01 Batu untuk mulai belajar tidak hanya sekedar menjawab soal menghafalkan teori saja melainkan mulai mempelajari konsep dasar pemikiran sering membaca buku sering melakukan observasi dan kehidupan sehari-hari dan juga aktif berdiskusi dengan guru sekolah teman di sekolah teman bermain sekalipun keluarga dirumah.

Itulah beberapa artikel singkat tentang penjelasan kegiatan ANBK SDN Ngaglik 01 Batu yang dilaksanakan selama dua hari di sekolahan,untuk peningkatan pemahaman literasi dan numerasi siswa .


Kegiatan ANBK Tahun 2022 yang sedang dilaksanakan dengan tertib dan hikmat sehingga bisa berjalan dengan lancar yang diikuti sejumlah siswa disekolah.


01 November 2022

Kegiatan Khotmil Qur'an SDN Ngaglik 01 Batu

                                            Kegiatan Khotmil Qur'an SDN Ngaglik 01 Batu


Dalam mendidik anak-anak yang berjiwa islamis sebagai bentuk pembekalan pembelajaran dikehidupan bersekolah dan bermasyarakat. SDN Ngaglik 01 Batu melakukan kegiatan keagamaan dalam upaya menumbuhkan rasa cinta nya kepada sang Kholiq ,Nabi dan Rosul nya serta segala penciptaan Nya dan terhadap kitab suci Al-Qur'an,salah satunya dengan kegiatan khotmil qur'an.

Untuk kegiatan ini dikhususkan membaca khotmil Qur'an selain kegiatan-kegiatan yang lain karena pada dasarnya kegiatan ini selain melatih lancar membaca Al-Qur'an juga melakukan penghafalan surah-surah pendek dalam Al-Qur'an.Segenap guru dan pembina ikut serta dalam kegiatan tersebut yang dilakukan didalam masjid yang berada didalam lingkungan sekolahan.

Pendidikan non formal seperti ini juga sangat dibutuhkan didalam lingkungan sekolah mengingat pendidikan pertama siswa dilingkungan keluarga yang separuh keduanya adalah lingkungan sekolah,untuk itu kegiatan ini memang bukan kegiatan rutin hanya saja kegiatan wajib yang diadakan sebulan sekali acara-acara keagamaan yang diadakan dari pihak sekolah dan guru pembina,untuk penghafalan Qur'an dilaksanakan berselang dalam pelajaran agama setelahnya.

Praktek penghafalan surah pendek didalam Al-Qur'an masing masing ditunjuk setelah usai pembacaan Al- Qur'an,kegiatan ini untuk mengukur sejauh mana pembelajaran bacaan dalam menghafal
Masing masing membaca Al-Qur'an dan setelah siap ditunjuk maju kedepan untuk membaca







Salah satu siswa membacakan bacannya setelah menunggu gilirannya





Itulah beberapa rangkaian khotmil Qur'an yang dilaksanakan dilingkungan sekolah untuk tujuan mendalami pembelajaran tentang bacaan qur'an.Adapun juga kegiatan kegiatan rutin diantaranya adalah setiap hari kamis membaca ayat suci al-quran dilakukan didalam masjid yang dilakukan oleh guru agama dan siswa -siswi yang ditunjuk ,sedangkan di ruang kelas masing masing juga dilaksanakan pembacaan surah-surah pendek yang dipandu oleh guru agama melalui mikrofon masjid.

Juara 3 Team Tentara Cilik Poltekad SDN Ngaglik 01 Batu

                                         Juara 3 Team Tentara Cilik Poltekad SDN Ngaglik 01 Batu


Batu : Senin 31 Oktober 2022 adalah hari dimana puncak pelatihan ,kekompakan dan kedisiplinan yang dilakukan oleh team TCP ( Tentara Cilik Poltekad ) SDN Ngaglik 01 Batu untuk melakukan pertunjukan di halaman sekolah ,kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan rasa syukur bangga atas raih an prestasi selama bertanding di kejuaraan tingkat nasional yang sudah di ikuti di Surabaya dan dengan hasil yang memuaskan yaitu meraih juara di ajang lomba tersebut.

Ini bukan kali pertama mereka melakukan pertunjukan atas sebuah pencapaian ,wujud rasa syukur yang mereka limpahkan dengan perjuangan yang mereka lakukan selama mengikuti pelatihan kini terbayar sudah.Latihan yang selama ini mereka lakukan baik didalam lingkungan sekolah maupun pelatihan diluar sekolah yang sedikit menguras tenaga bisa mereka rasakan hasilnya.

Pelatihan dilingkungan sekolah dilakukan setiap hari tertentu yang sudah terjadwalkan ,dan untuk pelatihnya ada dari kakak -kakak alumni dan pembina , pelatihan diluar sekolah pembina langsung dari pihak kapolres kota Batu, baik secara prakteknya diluar pelatihan dilingkungan sekolah adalah untuk kegiatan upacara rutin . 

Hal ini dilakukan sebagai penilaian dan ukuran sampai sejauh mana hasil mereka selama pelatihan, bisa dijadikan bahan evaluasi kurang dan lebihnya .Ini adalah dokumentasi kegiatan selama pelatihan dan sampai puncaknya meraih juara .

Kegiatan pelatihan di lingkungan sekolah ,pelatihan ini dilakukan setelah jam pembelajaran usai ,antara jam 3 sampai jam 4 sore
Untuk kegiatan diluar sekolah salah satunya adalah berkesempatan mengikuti undangan Ibu Wali Kota Batu di Balai Kota ,untuk mengikuti acara lomba dan kegiatan lainnya.


Kegiatan pelatihan diluar lingkungan sekolah ditempat Balai Kota Batu

Upacara bendera sebagai kegiatan rutin hari senin dilingkungan sekolah bersama Team Poltekad selama kegiatan berlangsung sebagai evaluasi tolak ukur kurang dan lebihnya selama pelatihan.






Upacara bendera bersama Bapak perwakilan dari kapolresta kota Batu pada kegiatan hari jadi kota Batu walau kegiatan tersebut dilaksanakan setelah guyuran gerimis tapi tidak mengurangi semangat team Poltekad untuk terlaksananya upacara tersebut.
Nampak barisan siswa-siswi mengikuti upacara dengan rasa hikmat dan tertib.








Bapak Kapolres memberikan Himbauan dan arahan tentang bagaimana menjadi seorang yang disiplin dalam semua kegiatan keseharian dan pembelajaran disekolah bisa maksimal untuk meraih prestasi dan apa yang dicita-citakan.


















Itulah serangkaian kegiatan team Poltekad SDN Ngaglik 01 Batu yang telah bangga mempersembahkan seluruh kegiatan baik diluar sekolah maupun didalam lingkungan sekolah 

29 Oktober 2022

Kegiatan Sekolah SDN Ngaglik 01 Batu dalam Study Ikatan Dokter Gigi Anak Kota Batu

Kegiatan Sekolah SDN Ngaglik 01 Batu dalam Study Ikatan Dokter Gigi Anak Kota Batu



    Dalam kesempatan ini SDN Ngaglik 01 Kota Batu kedatangan tamu yang pada hari sebelumnya Ikatan Dokter Gigi Anak telah melakukan kerjasama dengan pihak sekolahan dalam Kegiatan Sekolah Study Ikatan Dokter Gigi Anak Kota Batu, kegiatan ini sebagai study atau proses mengenalkan kepada anak-anak tentang bagaimana menjaga kebersihan dan kesehatan gigi anak-anak,melakukan pemeriksaan dan sekaligus praktek secara langsung kepada seluruh siswa dan siswi di sekolahan.

  Kegiatan ini adalah kali keduanya disekolah setelah pandemi berkepanjangan,pada kesempatan kali ini anak-anak diajarkan tentang bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar,beberapa dokter gigi sekota Batu juga telah hadir bersedia memberikan ilmu dan untuk melakukan pemeriksaan gigi berkala kepada anak-anak,dengan adanya kegiatan ini anak-anak begitu antusias mengikuti dan diliputi rasa penasaran dan mungkin bertanya tanya seperti apa sih perawatan gigi yang baik dan benar itu.

 Dokter gigi melakukan pemeriksaan dan memberikan edukasi kepada anak anak,anak anak kemudian praktek langsung diluar halaman sekolah ,segala vasilitas sudah disediakan pihak kedokteran dalam study ini 


Praktek kegiatan kepada anak anak diluar halaman sekolahan.
Seorang dokter memberikan arahan kepada anak anak disekolahan,sebagai contoh bagaimana menyikat gigi yang benar,
Proses pemeriksaan Dokter kepada anak-anak untuk dilakukan pemeriksaan









Praktek pembelajaran kepada seorang siswa yang ditunjuk untuk memberikan contoh kepada yang lain dalam cara menyikat gigi dokter memberikan arahan.





Dalam kegiatan edukasi sekolah seperti ini memberikan warna lain dalam kegiatan pembelajaran untuk anak anak ,pengetahuan anak semakin luas dalam hal sederhana ini,kegiatan seperti ini mungkin kedepan akan dilaksanakan kembali oleh pihak sekolah maupun pihak kedokteran.













Berbagai Prestasi siswa yang berhasil diraih dikejuaran lomba

                           Berbagai Prestasi siswa yang berhasil diraih dikejuaran lomba

    Puja dan puji syukur atas kehadiran Alloh SWT yang mana telah melimpahkan RahmatNya kepada kita semua dan selama ini kita masih senantiasa diberikan kesehatan,rasa syukur dan panjang umur dalam keadaan yang sangat berbahagia ini dan salam sejahtera untuk kita semua.SDN Ngaglik 01 Kota Batu sekali lagi untuk tahun ini berbangga hati atas apa yang telah diraih siswa-siswi disekolah dalam mendulang semua prestasi dalam kejuaraan lomba baik ditingkat Kota maupun Nasional.

    Apapun yang telah dicapai dalam sebuah pencapaian selama ini tak lain dan tak bukan adalah ikut campur dari semua pihak baik didalam lingkungan sekolahan maupun diluar sekolah,dan semangat siswa-siswa itu sendiri.

    Ada beberapa lomba yang sudah berhasil diraih dan sekaligus memberikan tambahan penghargaan dan piala sebagai simbol atas pencapaian perjuangan yang selama ini telah diikuti antara lain adalah kejuaraan lomba open tournament sepak bola antar sekolah dasar sekota Batu,open tournamnet kejuaraan karate sekota Batu,lomba mewarna sekota Batu,lomba cerdas cermat tingkat nasional dan lomba Tentara Cilik Poltekad tingkat Kota dan masih banyak lagi prestasi yang telah berhasil diraih.










   SDN Ngaglik 01 Kota Batu seluruhnya akan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak didik dalam menggapai cita-cita dan terus mengevaluasi kekurangan dan kelebihan yang harus tetap ditingkatkan ,memberikan doa dan dukungan kepada semuanya sehingga pencapaian semua ini bisa memberikan rasa bangga dan akan terus senantiasa berbenah agar kedepannya bisa memberikan yang terbaik dari yang terbaik.

   Nilai-nilai dasar yang telah diajarkan kepada anak-anak dalam pendidikan ,kedisiplinan ,tanggung jawab ,pembiasaan yang baik ,dan upaya upaya yang lain yang diberikan adalah kunci dasar sebagai pedoman bahwa perjuangan yang selama ini yang telah mereka lakukan tidak menghianati hasil.



Kegiatan Pembiasaan SDN Ngaglik 01 Kota Batu

                                        Kegiatan Pembiasaan SDN Ngaglik 01 Kota Batu



Assalamuallaikum warohmatullohi wabarokatuh..salam sejahtera untuk kita semua ,dalam mendidik anak-anak disekolah berdasarkan akhlak yang mulia dan toleransi di sekolah,sekolah mengambil pembelajaran pembiasaan ,pembiasaan disini adalah hal yang perlu ditanamkan di lingkungan sekolah,dengan tujuan yang jelas dan untuk melatih siswa-siswi tentang hal yang baik untuk ditanamkan baik di lakukan diluar dan didalam lingkungan sekolah.Dikesempatan kali ini ada beberapa kegiatan pembiasaan disetiap harinya yang kita rangkum di artikel ini,salah satu contoh yaitu diawali dengan melakukan pembiasaan kegiatan dipagi hari sebelum jam pelajaran dimulai dengan kegiatan awal menyambut kedatangan para siswa-siswi disekolah .Hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan tauladan serta pembiasaan tentang sesuatu hal yang baik dan mengajarkan rasa saling menghormati dan toleransi antar guru pengajar dan siswa - siswi disekolah.

Adapun pembiasaan-pembiasaan yang lain disekolah yang biasa rutin dilakukan di sekolah adalah :

  • Melaksanakan Upacara Bendera
  • Team Tiwisada 
  • Pembiasaan berdoa bersama sebelum dan sesudah berakhirnya proses pembelajaran
  • Pembiasaan baris berbaris kerapian sebelum memasuki ruang kelas masing-masing kelas
  • Pembiasaan sholat berjamaah di waktu dhuzur dan melakukan sholat jamaah jum'at di hari jum'at
  • Melaksanakan kebersihan kelas sebelum dan sesudah proses pembelajaran
  • Senam pagi
Hal hal lain disekolah adalah suatu bentuk pembelajaran karakter siswa banyak hal yang harus dijadikan pembiasaan 

27 Oktober 2022

Pengenalan Prinsip Kurikulum Merdeka

                                                 Pengenalan Prinsip Kurikulum Merdeka

                    

     Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh,di kesempatan yang bahagia ini mari kita sedikit mengulas dan membahas kembali tentang kurikulum Merdeka,dimulai dari prinsip dasar dalam kurikulum Merdeka.Kurikulum merdeka itu sendiri adalah munculnya konsep atau prinsip profil pelajar Pancasila dimana profil pelajar Pancasila tidak muncul di kurikulum-kurikulum pendidikan sebelumnya, penguatan pendidikan karakter, penumbuhan budi pekerti, ada juga yang kita kenal  namanya 18 karakter bangsa ,ini adalah bagian dari contoh kurikulum sebelumnya atau lebih tepatnya konsepnya mirip tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran yang jauh berbeda kalau yang karakter-karakter yang dulu itu hanya dimasukkan ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) setelah itu aksennya tidak terlihat nyata tetapi di dalam kurikulum Merdeka profil pelajar Pancasila yang didalamnya sebenarnya adalah karakter dan kompetensi di dalam tataran pembelajaran ,actionnya jelas ,bagaimana action pembelajaran untuk menuju profil pelajar Pancasila.

     Disini kita akan fokus kepada profil pelajar Pancasila ,dan kita sudah tahu bahwa profil pelajar Pancasila mempunyai enam dimensi yaitu untuk lebih memudahkan pemahaman kita ambil contoh keenam dimensi tersebut dari beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ,berakhlak mulia ,berkebhinekaan global, bergotong-royong, kreatif, Mandiri dan bernalar kritis sehingga segala bentuk kegiatan ,segala bentuk pembelajaran muaranya atau tujuannya harus mencapai profil pelajar Pancasila.

      Untuk menuju ke profil pelajar Pancasila didapat melalui pendekatan atau setidaknya ada dua kegiatan atau dua pembelajaran.Yang pertama adalah budaya sekolah yang kedua adalah ekstrakurikuler , proyek penguatan profil belajar Pancasila untuk budaya sekolah dan ekstra kurikuler ini konsepnya itu tidak jauh beda boleh dikatakan Sama persis dengan kurikulum 2013 maka oleh karena itu kita akan membahas secara detail karena tidak begitu signifikan perubahannya boleh dikatakan sama , yang berbeda konsepnya, proyek penguatan profil pelajar Pancasila,di mana intrakurikuler dan proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini diberikan alokasi pembelajaran yang jelas alokasi yang sudah terpetakan misalkan kalau intrakurikuler itu diberikan alokasi waktu kurang lebih 70-80 persen.

      Sedangkan untuk proyek penguatan profil pelajar Pancasila diberikan lokasi pembelajaran 20 sampai 30 persen inilah bedanya dengan kurikulum sebelumnya dimana untuk penguatan karakter di sini nanti adalah karakter dan kompetensi yaitu profil pelajaran Pancasila kalau yang dulu pengkodeannya lama ,tidak diberikan alokasi khusus, untuk sekarang diberikan alokasi khusus sebanyak 20-30 persen dan untuk intrakurikuler ini pembelajaran biasa atau reguler, seperti kurikulum 2013 basisnya itu adalah capaian pembelajaran atau boleh dikatakan konsepnya sama dengan kompetisi dasar pada kurikulum 2013 esensinya sama dan capaian pembelajaran sama keduanya adalah kompetensi-kompetensi yang harus diajarkan ,yang berbasis mata pelajaran cuma bedanya dengan pembelajaran dalam perumusannya itu dalam bentuk paragraf atau dalam bentuk narasi beda dengan kompetensi dasar bentuknya adalah rincian bernomor tapi pada hakekatnya sama saja nanti capaian pembelajaran ,jadi pada prinsipnya pencapaian pembelajaran itu sama dengan kurikulum 2013 kemudian kalau proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini tidak berbasis capaian pembelajaran jadi proyek penguatan profil pelajar Pancasila tidak untuk mencapai capaian pembelajaran tetapi hal ini berdasarkan tema ,jadi berdasarkan tema jenis ketegasan bahwa intrakurikuler berdasarkan atau capaian pembelajaran tapi berdasarkan tema-tema nya seperti apa

       Untuk tema pembelajaran sudah disediakan oleh pemerintah sebanyak tujuh tema, sedangkan jenjang SMK itu ada delapan tema yang sudah disediakan kita tinggal pilih dan perlu diingat ini tidak berkaitan dengan capaian pembelajaran ,yang pertama adalah kewirausahaan yang kedua adalah ke arifan lokal kemudian ada juga tentang kehidupan berkelanjutan ,demokrasi ,jiwa dan raga ada juga perekayasa dengan tehnologi, inilah tema-tema yang disediakan oleh pemerintah jadi saya tegaskan bahwa semua itu berdasarkan tema tidak berdasarkan capaian pembelajaran dan kemudian pembelajaran ,bagaimana kita mendapatkan tema ini sudah ada panduannya yaitu panduan proyek penguatan profil pelajar Pancasila.


   Kemudian untuk intrakurikuler itu ada panduan pembelajaran ,asesmen dan contoh-contohnya dokumen-dokumen yang disediakan oleh Kemendikbud.Untuk panduan semuanya intrakurikuler ada di buku atau ebook yang disediakan oleh pemerintah yaitu panduan pembelajaran dan asesmen .Kemudian untuk proyek panduannya adalah panduan proyek penguatan profil pelajar Pancasila . Apa yang harus dilakukan guru ketika mau mengajar seperti biasa dalam kurikulum sebelumnya guru itu wajib membuat perangkat ajar ,kalau dulu ada yang namanya program tahunan program semester analisis materi pelajaran silabus apalagi RPP ,sekarang guru hanya dituntut untuk membuat perangkat ajar berupa RPP dan modul ajar dan tujuan pembelajaran adalah pencapaian dalam bentuk kompetensi yang yang masih global dan belum terperinci maka perlu dijabarkan menjadi tujuan-tujuan pembelajaran setelah dijabarkan menjadi tujuan-tujuan diurutkan mana yang disampaikan pertama mana disampaikan kedua mana disampaikan yang terakhir itulah yang disebut dengan alur tujuan pembelajaran.

       Bagaimana dibentuknya ada contohnya kemudian setelah kita berhasil maka kita juga membuat yang namanya modul ajar dan tujuan pembelajaran kemudian menentukan langkah-langkah pembelajaran untuk proyek penguatan profil pelajar Pancasila itu berdasarkan tema dari tema yang dipilih dibuat namanya modul proyek ,modul proyek seperti modul ajar ,intra pembelajarannya nanti berupa perencanaan pembelajaran tujuannya Seperti apa ditentukan langkah-langkahnya Seperti apa pengukuran aset.

        Tidak banyak dokumen sebagai acuan untuk bapak Ibu melaksanakan kurikulum Merdeka cukup dokumen profil pelajar Pancasila dan mempelajari dokumen pencapaian pembelajaran dan secara garis besar dokumen yang dibutuhkan pertama adalah profil pelajar Pancasila yang kedua adalah capaian pembelajaran yang ketiga adalah panduan pembelajaran dan asesmen yang terakhir adalah panduan proyek penguatan profil pelajar Pancasila


        Empat buah pokok dokumen yang harus dipelajari oleh bapak dan Ibu guru semua dan untuk memperdalam keilmuan ada di berbagai sumber-sumber lain atau bahan-bahan untuk mempelajari kurikulum merdeka dalam bentuk video misalkan Bapak Ibu bisa masuk ke platform Merdeka mengajar.



Belajar membuat dan bagaimana manfaat dari Eco Enzim

                                   Belajar membuat dan bagaimana manfaat dari Eco Enzim SDN Ngaglik 01 Batu pada kesempatan kali ini akan be...