10 November 2022

ECO SAVIOR

                                                                            ECO SAVIOR



Eco Savior adalah salah satu lembaga pelestari lingkungan perwakilan dari kota Batu yang secara langsung berkunjung ke sekolah SDN Ngaglik 01 Batu untuk sedikit mengajarkan kepada anak anak tentang pelestarian lingkungan melalui pengelolahan sampah baik sampah plastik dan sampah kertas maupun sampah lainnya.

Eco savior berkesempatan memberikan wawasan kepada anak anak tentang pentingnya menjaga lingkungan disekitar sekolah maupun di kehidupan masyarakat secara luas,untuk kegiatan ini dimulai melalui edukasi tentang pencemaran lingkungan dan dampak bahaya yang dihasilkan , pembuangan sampah secara liar yang sengaja maupun tidak sengaja yang tidak dilakukan pengelolahan sampah dengan baik sehingga dampaknya begitu besar bagi lingkungan dimanapun berada.

Melalui program yang diberikan eco savior kepada anak anak adalah salah satunya tentang pengelolahan sampah itu sendiri ,juga mengenali lingkungan sekitar tentang bagaimana sifat tanaman dan jenis tanaman dan juga melakukan edukasi penanaman tanaman,




Pelestarian lingkungan adalah cara melindungi lingkungan dari kerusakan menjaga lingkungan agar bersih dan sehat dan keseimbangan lingkungan tetap terjaga,kenapa sih kita perlu menjaga pelestarian lingkungan ,kita perlu menjaga lingkungan alam karena lingkungan yang sehat memberi kehidupan yang baik bagi kita semua sedangkan lingkungan yang rusak dapat mengakibatkan berbagai bencana dan penyakit

Dan cara menjaga kelestarian lingkungan dapat dimulai dari hal yang sederhana yang pertama yaitu membuang sampah pada tempatnya ,jangan membuang sampah di sungai di laut ataupun di jalan supaya lingkungan kita menjadi bersih dan sehat tidak mengganggu ekosistem dan habitat hewan dan tumbuhan yang ada di sungai dan laut dan agar terhindar dari bencana alam seperti banjir 

Selanjutnya yaitu dengan mengelompokan sampah berdasarkan jenisnya ,ada sampah organik sampah non organik dan sampah B3 sampah organik adalah jenis sampah yang mudah membusuk sama ini dapat diolah lebih lanjut menjadi pupuk kompos.

Contoh sampah organik seperti sampah Makanan sayuran daun kering dan lain-lain sampah non-organik adalah jenis sampah yang tidak mudah membusuk sampah jenis ini dapat didaur ulang kembali menjadi kerajinan atau barang-barang lain yang lebih bermanfaat contoh sampah non-organik seperti kantong plastik botol minuman dan kaleng yang terakhir adalah sampah B3 sama B3 adalah sampah barang berbahaya dan beracun bahan-bahan yang termasuk limbah B3 memiliki salah satu atau lebih sifat seperti mudah meledak mudah terbakar bersifat reaktif beracun menyebabkan infeksi dan bersifat korosif ,contoh limbah B3 adalah limbah rumah sakit dan bahan elektronik

Membersihkan lingkungan setiap hari merawat tanaman dan hewan yang ada di rumah tumbuhan yang ada di sekitar kita harus tetap kita jaga kelestariannya dengan menyiram memupuk dan tidak merusak tanaman tersebut begitu pula dengan hewan di sekitar kita ,kita tidak boleh merusak habitatnya apalagi melakukan perburuan liar 

Yang berikutnya adalah dengan menggunakan transportasi yang ramah lingkungan transportasi yang ramah lingkungan dapat mengurangi polusi udara dan mengurangi bahan bakar minyak polusi adalah pencemaran udara yang dapat mengganggu kesehatan.

Untuk pelestarian lingkungan berikutnya adalah tidak boros menggunakan energi penghematan penggunaan energi diantaranya mematikan perangkat elektronik dan lampu apabila tidak digunakan  mungkin dan menggunakan air secukupnya




Mengurangi penggunaan barang sekali pakai salah satu sampah yang paling mengganggu lingkungan kita adalah plastik hal ini dikarenakan sampah plastik membutuhkan waktu yang lama hingga beratus-ratus tahun untuk terurai,selain itu sampah plastik juga menyebabkan pencemaran air tanah bahkan udara .

Nah itu tadi beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan terlihat sederhana tetapi besar dampaknya untuk lingkungan kita maka dari itu yuk mari kita melakukan kebiasaan-kebiasaan baik tersebut dalam keseharian agar lingkungan kita menjadi sehat terawat dan terjaga kelestariannya .


Team Futsal SDN Ngaglik 01 Batu meraih juara 2 dalam IMAKOBA CUP 2022

             Team Futsal SDN Ngaglik 01 Batu meraih juara 2 dalam IMAKOBA CUP 2022

Senin 07 November 2022 adalah sebuah pencapaian prestasi team futsal SDN Ngaglik 01 Batu yang telah berjuang selama berlatih hingga bertanding di Kejuaraan futsal IMAKOBA Cup 2022 yang telah di selenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Kota Batu dan berhasil meraih juara 2 setelah di final melawan SDIT Ibnu Hajar berakhir dengan skor 3:0,setelah bertanding selama 2x20 menit terjadi dengan penuh perlawanan.

Adalah Pak Budi Setiawan,Pak Raka ,Pak Sugeng sebagai guru pendamping sekaligus pelatih dan Coach Fattan sebagai pelatih inti telah bekerja sama membentuk sebuah team futsal SDN Ngaglik 01 Batu yang terbagi menjadi tiga team ,team A,team B dan Team C.

Latihan demi latihan yang telah dilakukan diluar lapangan dan setiap pertandingan dari babak penyisihan dan hingga sampai dengan final sungguh sangat luar biasa perjuangan dari team futsal ini,tak lupa dukungan dari orang tua dan guru dan seluruh supporter dari teman-teman disekolah untuk turut serta memberikan semangat yang lebih menyertai perjuangan mereka.Semoga ditahun depan lebih bersemangat lagi untuk bisa diposisi puncak.  

Team B sebagai team junior yang sebelumnya bertanding di grup penyisihan bertanding dengan penuh semangat berhasil mengalahkan lawan-lawannya tapi sedikit terhenti dibabak 8 besar setelah dikalahkan oleh SDN Muhammadyah 4 dengan skor tipis 1:0 ,Dilanjutkan dengan team A berhasil lolos di babak perempat final juga terhenti setelah dikalahkan oleh team SDN Junrejo dengan skor tipis 2:1,dan Team C berhasil membalaskan seluruh pertandingan dengan skor yang memuaskan dan hingga berhasil mengalahkan lawan lawannya sampai melaju ke final.


     
 

Ini adalah sebuah pencapaian yang sangat luar biasa ,raihan prestasi untuk kesekian kaliannya disebuah ajang yang sama setelah dikompetisi tahun lalu juga berhasil meraih juara yang sama namun dengan lawan yang berbeda al hasil dengan pencapaian ini bisa dibuat evaluasi untuk lebih berkembang dalam permainan berikutnya,dalam ajang ini tentu saja anak anak semakin lebih percaya diri mengembangkan bakat dan minat serta mengasah kemampuan dalam bertanding dipertandingan lain dikesempatan berikutnya.






04 November 2022

Metode pembelajaran di lingkungan sekolah SDN Ngaglik 01 Batu

                           Metode pembelajaran di lingkungan sekolah SDN Ngaglik 01 Batu

SDN Ngaglik 01 Batu dalam memberikan pelajaran yang mengarah kepada kurikulum merdeka belajar sudah diterapkan dengan baik demi mensukseskan program pemerintah dalam hal ini guru mempersiapkan modul ajar yang sudah disiapkan dalam rancangan perencanan pembelajaran memberikan modul ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pemahaman siswa-siswi disekolah.

Untuk modul ajar berbasis proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SDN Ngaglik 01 Batu sebelumnya kita harus mengenal lebih dulu apa itu penguatan profil pelajar Pancasila 
Profil pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya
Disini proyek penguatan profil pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek atau yang tentu saja berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas karena proyek penguatan profil pelajar Pancasila memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal struktur belajar yang fleksibel kegiatan belajar yang lebih interaktif dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Dan perlu digarisbawahi disini bahwa kegiatan penguatan profil pelajar Pancasila di SDN Ngaglik 01 Batu tidak memerlukan waktu tersendiri ,tapi terintegrasi dengan pembelajaran intrakurikuler, maksud dan artinya apa, artinya yang bersifat lintas disiplin itu tidak terikat dengan mata pelajaran dan kebetulan di SDN Ngaglik 01 Batu juga tidak ada mata pelajaran yang ada hanya capaian pembelajaran kemudian merupakan model pembelajaran yang melibatkan murid dalam proses mengamati memikirkan solusi terhadap pemecahan permasalahan di lingkungan sekitarnya kemudian menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek bertujuan menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila

Sebelum melakukan pembelajaran tentang modul/materi yang akan diberikan ,guru pengajar sudah mempersiapkan modul ajar yang nanti akan diberikan kepada siswa dan siswi dikelas,siswa dan siswi harus diberi pemahaman terlebih dulu ,misalkan hal yang paling sederhana contoh mengenali teman sekelasnya dengan hal sederhana tentang bagian tubuh misal warna rambut apa, bentuk tubuh seperti apa dan contoh lainnya, dimasukkan di modul kompetensi awal kemudian profil pelajar Pancasila yang kita kembangkan lewat pembelajaran ini ,mana yang masuk di pembelajaran ini, dalam pembelajaran kelompok dilakukan melalui cara berdiskusi dan saling membantu teman ,kemandirian siswa ketika bisa mengerjakan, ketika ada tugas dan bernalar kritis.

Ketika diskusi kreatif berkelompok bisa mengerjakan soal-soal dengan cara mereka sendiri kemudian sarana prasarananya yang sudah disiapkan apa saja yang dibutuhkan target peserta didik ,Setelah mempelajari materi/modul ajar ini ,akan memperoleh pengetahuan seperti apa kemudian model pembelajarannya kemudian media yang kita pakai untuk komponen inti ,ada tujuan pembelajaran


Kemudian rencana asesmennya seperti apa ,kalau dikurikulum sebelumnya ada formatif ada sumatif kalau formatif itu penilaian yang kita lakukan selama proses pembelajaran kalau sumatif kita lakukan setelah pembelajaran bisa berupa ulangan harian apakah nanti butuh lisan, apakah butuh praktek atau kah butuh hanya pengetahuan saja ,kemudian pemahaman bermakna yaitu bagaimana siswa bagaimana harapan kita setelah pembelajaran ini siswa akan mampu menerapkan yang sudah dipelajari ke dalam kehidupan sehari-hari ,untuk menyelesaikan masalah sehari-hari kemudian pertanyaan tematik yaitu pertanyaan yang bisa menumbuh kembangkan minat siswa menumbuhkan rasa penasaran siswa tentang materi yang akan mereka pelajari.

Inilah metode modul ajar yang sudah disiapkan guru dimasing masing kelas yang tentunya sedikit berbeda tergantung bagaimana pemahaman disetiap kemampuan siswa bisa diberikan agar dalam penerapannya bisa berjalan dengan baik dalam rancangan pembelajaran,




Diskusi dari proses pembelajaran yang diterapkan di masing masing siswa dengan metode perkelompok belajar ,setelah merangkum jawaban yang telah dihasilkan kemudian melakukan presentasi di depan kelas .


03 November 2022

Team Tiwisada SDN Ngaglik 01 Batu

                                                      Team Tiwisada SDN Ngaglik 01 Batu


Tiwisada adalah sebutan lain dari dokter cilik yang dibentuk oleh sekolahan sebagai pengelola pemanfaatan pelayanan uks di lingkungan sekolah adapun tugas yang diberikan sekolahan untuk team tiwisada adalah sebagai berikut :
  1. Team tiwisada bertugas melaksanakan pelayanan fasilitas uks sebagai sarana kesehatan sekolah
  2. Team tiwisada bertugas memeriksa kerapian dan kebersihan siswa-siswi sekolah
  3. Team tiwisada bertugas memeriksa kedisiplinan siswa-siswi sekolah
  4. Bertugas melakukan pemeriksaan catatan pelanggaran kedisiplinan siswa-siswi disekolah dalam kerapian berseragam dan kebersihan kuku dan rambut dll.
  5. Bertugas melakukan perawatan dengan siswa lain dengan guru pembina jika ada yang sakit di ruang uks
Team tiwisada sendiri dibentuk dan ditunjuk memberikan contoh yang baik untuk hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah ,melalui kegiatan rutin ini sekolah hanya memantau kegiatannya agar tetap terlaksana dengan baik.
 





02 November 2022

Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) SDN Ngaglik 01 Batu Tahun 2022

          Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) SDN Ngaglik 01 Batu Tahun 2022


Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) SDN Ngaglik 01 Batu Tahun 2022 alhamdulilah sudah dilaksanakan dengan lancar ,sesuai dengan anjuran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Makarim yang telah mengganti ujian nasional atau UN yang tentunya kita sudah kenal selama 10 tahun belakangan ini menjadi suatu hal yang baru beliau akan mengubah dan mengganti Ujian Nasional menjadi Asesmen nasional ditahun 2021.

Dan seperti apa asesmen nasional ini , menurut Bapak nadiem Makarim beliau tidak lagi ingin pendidikan Indonesia hanya mengevaluasi capaian peserta didik secara individu yang selama ini membuat Ujian Nasional selalu menjadi sesuatu yang mengerikan dan menakutkan bagi para siswa justru saat ini Bapak Nadiem lebih berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran pengajaran juga layanan dalam lingkungan pendidikan maka kebijakan yang diambil adalah mengubah Ujian Nasional menjadi Asesmen nasional

Jadi apa yang dimaksud dengan Asesmen nasional dan bagaimana mekanisme penerapan asesmen nasional dan apa indikatornya ,Asesmen nasional ini tidak lagi mengevaluasi peserta didik secara individu melalui Ujian Nasional tahun sebelumnya yang hanya diperuntukkan bagi siswa kelas 6 9 dan kelas 12 tetapi kali ini Bapak Nadiem Makarim ingin fokus mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan yang mencakup input proses dan juga hasil tentunya melalui peningkatan kualitas pembelajaran pengajaran serta lingkungan pendidikan akan ada tiga aspek yang diujikan dalam tes nasional tahun 2002

Yang pertama Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM dimana melalui esesmen ini akan diukur pencapaian siswa di ranah kognitif seperti literasi dan juga numerasi yang kedua bisa kita sebut juga dengan survei karakter dan yang ketiga survei lingkungan belajar.

Yang pertama kita akan membahas Apa itu literasi dan numerasi pada asesmen kompetensi minimum atau AKM menurut National Institute for literasi yang dimaksud dengan literasi adalah kemampuan seseorang dalam baca menulis bahkan menghitung dan memecahkan masalah.

Menurut UNESCO literasi memang menjadi hak setiap orang dan juga dasar yang harus dimiliki untuk belajar sepanjang hayatnya kemampuan literasi mampu memberdayakan dan meningkatkan kualitas individu ,keluarga dan juga masyarakat jadi dapat kita pahami bahwa literasi yang dimaksud adalah kemampuan yang lebih dari sekedar membaca dan menulis tetapi juga mendorong agar peserta didik mampu menganalisis dengan membaca situasi atau hal-hal di sekitarnya dengan pemecahan masalah berdasarkan dari apa yang dipelajarinya sedangkan numerasi secara umum diartikan sebagai sebuah kecakapan dan pengetahuan seseorang dalam menggunakan berbagai macam angka serta simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar ,pengetahuan itu digunakan untuk memecahkan masalah-masalah praktis yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari selain itu dengan numerasi seseorang juga dapat menganalisis informasi yang ditampilkan dengan berbagai bentuk seperti tabel grafik ,bagan dan banyak lainnya ,setelah mampu menganalisis kemudian akan menggunakan implementasi hasil analisisnya untuk memprediksi dan selanjutnya mengambil keputusan bagian kedua yang diujikan dalam asesmen nasional adalah survei karakter penilaian pada survei karakter dirancang untuk mengukur capaian peserta didik berdasarkan hasil belajar sosial emosional yang berupa pilar karakter untuk mencetak profil pelajar Pancasila.

Adapun enam indikator pencapaian hasil belajar sosial emosional yang pertama bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia yang kedua ber kebhinekaan Global yang ketiga mandiri yang keempat bergotong-royong yang kelima bernalar kritis dan keenam kreatif bagian ketiga dan terakhir yang diujikan dalam asesmen nasional ini adalah survei lingkungan belajar survei ini digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek-aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah jadi tidak hanya pedidik saja yang akan dinilai ,melainkan seluruh aspek yang mendukung pembelajaran.jika Ujian Nasional itu hanya mengevaluasi capaian siswa saja di setiap tingkat akhir pada jenjang sekolah seperi kelas 6 SD ,kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA asesmen nasional ini tidak lagi menitik beratkan pada evaluasi capaian siswa Oleh karena itu asesmen nasional akan diterapkan untuk peserta didik yang berada di kelas 4 SD , kelas dua SMP dan 11 SMA untuk itu penting bagi peserta didik SDN Ngaglik 01 Batu untuk mulai belajar tidak hanya sekedar menjawab soal menghafalkan teori saja melainkan mulai mempelajari konsep dasar pemikiran sering membaca buku sering melakukan observasi dan kehidupan sehari-hari dan juga aktif berdiskusi dengan guru sekolah teman di sekolah teman bermain sekalipun keluarga dirumah.

Itulah beberapa artikel singkat tentang penjelasan kegiatan ANBK SDN Ngaglik 01 Batu yang dilaksanakan selama dua hari di sekolahan,untuk peningkatan pemahaman literasi dan numerasi siswa .


Kegiatan ANBK Tahun 2022 yang sedang dilaksanakan dengan tertib dan hikmat sehingga bisa berjalan dengan lancar yang diikuti sejumlah siswa disekolah.


01 November 2022

Kegiatan Khotmil Qur'an SDN Ngaglik 01 Batu

                                            Kegiatan Khotmil Qur'an SDN Ngaglik 01 Batu


Dalam mendidik anak-anak yang berjiwa islamis sebagai bentuk pembekalan pembelajaran dikehidupan bersekolah dan bermasyarakat. SDN Ngaglik 01 Batu melakukan kegiatan keagamaan dalam upaya menumbuhkan rasa cinta nya kepada sang Kholiq ,Nabi dan Rosul nya serta segala penciptaan Nya dan terhadap kitab suci Al-Qur'an,salah satunya dengan kegiatan khotmil qur'an.

Untuk kegiatan ini dikhususkan membaca khotmil Qur'an selain kegiatan-kegiatan yang lain karena pada dasarnya kegiatan ini selain melatih lancar membaca Al-Qur'an juga melakukan penghafalan surah-surah pendek dalam Al-Qur'an.Segenap guru dan pembina ikut serta dalam kegiatan tersebut yang dilakukan didalam masjid yang berada didalam lingkungan sekolahan.

Pendidikan non formal seperti ini juga sangat dibutuhkan didalam lingkungan sekolah mengingat pendidikan pertama siswa dilingkungan keluarga yang separuh keduanya adalah lingkungan sekolah,untuk itu kegiatan ini memang bukan kegiatan rutin hanya saja kegiatan wajib yang diadakan sebulan sekali acara-acara keagamaan yang diadakan dari pihak sekolah dan guru pembina,untuk penghafalan Qur'an dilaksanakan berselang dalam pelajaran agama setelahnya.

Praktek penghafalan surah pendek didalam Al-Qur'an masing masing ditunjuk setelah usai pembacaan Al- Qur'an,kegiatan ini untuk mengukur sejauh mana pembelajaran bacaan dalam menghafal
Masing masing membaca Al-Qur'an dan setelah siap ditunjuk maju kedepan untuk membaca







Salah satu siswa membacakan bacannya setelah menunggu gilirannya





Itulah beberapa rangkaian khotmil Qur'an yang dilaksanakan dilingkungan sekolah untuk tujuan mendalami pembelajaran tentang bacaan qur'an.Adapun juga kegiatan kegiatan rutin diantaranya adalah setiap hari kamis membaca ayat suci al-quran dilakukan didalam masjid yang dilakukan oleh guru agama dan siswa -siswi yang ditunjuk ,sedangkan di ruang kelas masing masing juga dilaksanakan pembacaan surah-surah pendek yang dipandu oleh guru agama melalui mikrofon masjid.

Juara 3 Team Tentara Cilik Poltekad SDN Ngaglik 01 Batu

                                         Juara 3 Team Tentara Cilik Poltekad SDN Ngaglik 01 Batu


Batu : Senin 31 Oktober 2022 adalah hari dimana puncak pelatihan ,kekompakan dan kedisiplinan yang dilakukan oleh team TCP ( Tentara Cilik Poltekad ) SDN Ngaglik 01 Batu untuk melakukan pertunjukan di halaman sekolah ,kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan rasa syukur bangga atas raih an prestasi selama bertanding di kejuaraan tingkat nasional yang sudah di ikuti di Surabaya dan dengan hasil yang memuaskan yaitu meraih juara di ajang lomba tersebut.

Ini bukan kali pertama mereka melakukan pertunjukan atas sebuah pencapaian ,wujud rasa syukur yang mereka limpahkan dengan perjuangan yang mereka lakukan selama mengikuti pelatihan kini terbayar sudah.Latihan yang selama ini mereka lakukan baik didalam lingkungan sekolah maupun pelatihan diluar sekolah yang sedikit menguras tenaga bisa mereka rasakan hasilnya.

Pelatihan dilingkungan sekolah dilakukan setiap hari tertentu yang sudah terjadwalkan ,dan untuk pelatihnya ada dari kakak -kakak alumni dan pembina , pelatihan diluar sekolah pembina langsung dari pihak kapolres kota Batu, baik secara prakteknya diluar pelatihan dilingkungan sekolah adalah untuk kegiatan upacara rutin . 

Hal ini dilakukan sebagai penilaian dan ukuran sampai sejauh mana hasil mereka selama pelatihan, bisa dijadikan bahan evaluasi kurang dan lebihnya .Ini adalah dokumentasi kegiatan selama pelatihan dan sampai puncaknya meraih juara .

Kegiatan pelatihan di lingkungan sekolah ,pelatihan ini dilakukan setelah jam pembelajaran usai ,antara jam 3 sampai jam 4 sore
Untuk kegiatan diluar sekolah salah satunya adalah berkesempatan mengikuti undangan Ibu Wali Kota Batu di Balai Kota ,untuk mengikuti acara lomba dan kegiatan lainnya.


Kegiatan pelatihan diluar lingkungan sekolah ditempat Balai Kota Batu

Upacara bendera sebagai kegiatan rutin hari senin dilingkungan sekolah bersama Team Poltekad selama kegiatan berlangsung sebagai evaluasi tolak ukur kurang dan lebihnya selama pelatihan.






Upacara bendera bersama Bapak perwakilan dari kapolresta kota Batu pada kegiatan hari jadi kota Batu walau kegiatan tersebut dilaksanakan setelah guyuran gerimis tapi tidak mengurangi semangat team Poltekad untuk terlaksananya upacara tersebut.
Nampak barisan siswa-siswi mengikuti upacara dengan rasa hikmat dan tertib.








Bapak Kapolres memberikan Himbauan dan arahan tentang bagaimana menjadi seorang yang disiplin dalam semua kegiatan keseharian dan pembelajaran disekolah bisa maksimal untuk meraih prestasi dan apa yang dicita-citakan.


















Itulah serangkaian kegiatan team Poltekad SDN Ngaglik 01 Batu yang telah bangga mempersembahkan seluruh kegiatan baik diluar sekolah maupun didalam lingkungan sekolah 

Belajar membuat dan bagaimana manfaat dari Eco Enzim

                                   Belajar membuat dan bagaimana manfaat dari Eco Enzim SDN Ngaglik 01 Batu pada kesempatan kali ini akan be...